Tips untuk Memeilih Hotel yang Benar Ketika Berlibur

Tips untuk Memeilih Hotel yang Benar Ketika Berlibur – Pasti sudah tahu kalau harga kamar hotel itu pasti bervariasi kan? Harga kamar hotel paling murah adalah mulai dari berapa ratus ribu rupiah sampai lebih dari jutaan rupiah untuk kamar yang cukup mewah. Namun, apakah betul perbedaan sebesar itu layak? Mari kita pelajari perbedaan antar tipe kamar meskipun kamar tersebut mungkin ada di sebuah hotel yang sama.

  • Cek rivew hotel di situs populer

Ingin tahu cara termudah memilih kamar hotel yang aman? Cari reviewnya di aneka aplikasi populer! Dari sini Maiders bakal tahu mana tempat akomodasi yang aman dan nyaman untuk disinggahi. Tapi hati-hati! Ada beberapa penginapan yang menggunakan fake reviews. Untuk mensiasatinya, amatilah jumlah responden dan keseimbangan review positif dan negatifnya.

  • Cek semua fasilitas yang Anda dapatkan saat menginap

adalah salah satu yang paling kita butuhkan ketika berada di kamar hotel, karena fasilitas dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan saat menginap. Mengecek ketersediaan fasilitas yang paling kita butuhkan terlebih dahulu adalah sebuah keharusan.

  • Dekat dengan tangga darurat

yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan tangga darurat atau emergency exit. Sekali lagi ini penting jika terjadi bencana kebakaran atau gempa bumi. Jika Anda ingin hotel voucher gratis untuk mendapatkan hotel impian Anda.

  • Hindari melakukan direct booking

Direct booking (datang langsung untuk memesan kamar) di hotel tertentu seringkali memberikan kita kekecewaan, mengingat terkadang kamar yang kita butuhkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Misalnya, jika kita membutuhkan kamar yang biasa-biasa saja (standard room) dengan tarif termurah.

Namun ternyata kamar-kamar tersebut sudah penuh dan hanya tersedia kamar yang kelasnya satu atau dua level di atas kamar yang kita inginkan, maka sudah pasti kita harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk membayar beberapa fasilitas yang disediakan di kamar hotel padahal kita tidak membutuhkannya.

  • Cari promo yang bisa meringankan biaya liburan

Disadari atau tidak, orang tua kita suka memilih barang dengan harga yang lebih murah. Jadi tidak ada salahnya bila Kamu memilih penginapan yang memberikan program promo. Selain menghemat budget, Kamu bisa menggunakan sisa uang Kamu buntuk hal lain.

Kamu bisa memesan hotel di jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Beberapa hotel mencantumkan harga miring untuk kamar-kamar kosong yang dibatalkan mendadak oleh calon tamu.

  • Inspeksi kamar yang hendak disinggahi

Selalu lakukan scanning kilat sesaat setelah sampai ke kamar yang hendak kalian singgahi. Yakinkan betul bahwa semua pintu, jendela, dan aneka fasilitas kamar termasuk di kamar mandi berfungsi dengan baik. Tentu kalian tidak mau dikenakan charge atas kerusakan yang tidak dilakukan, bukan?

Tak lupa, periksa sudut kamar, barangkali ada kamera pengintai rahasia atau cermin palsu yang dipasang. Memeriksa tanda-tanda lumut, kutu kasur, dan aneka potensi yang membahayakan kesehatan juga sangat diperlukan.

  • Lakukan booking dan pembayaran

Ada beberapa tipe booking hotel yang ada saat ini. Diantaranya adalah, kita bisa memesan hotel namun dengan kemudahan membayar di belakang atau setelah kita tiba di hotel. Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan yaitu, kamar yang kita pesan bisa saja diambil oleh orang lain. Walaupun mungkin kita akan mendapatkan pengganti kamar yang sejenis.

Untuk menghindari agar kamar yang kita pesan tidak diambil oleh orang lain, maka solusinya hampir sama dengan poin sebelumnya, yaitu melakukan booking hotel via travel agent dan sebisa mungkin pilihlah yang menyediakan pembayaran langsung sehingga kamar yang telah kita pesan tidak akan dialihtangankan ke orang lain.

Itulah beberapa tips dalam memilih kamar hotel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan keamanan, karena tentu Anda tidak ingin kecewa, bukan? Setiap perjalanan yang menyenangkan juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ketepatan dalam memilih kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhan, budget, maupun selera.