Kamu Anak IPA, Tapi Tidak Menyukai Fisika? Ini Dia Tips Menyukai Fisika

Kamu Anak IPA, Tapi Tidak Menyukai Fisika? Ini Dia Tips Menyukai Fisika! РSaat ini banyak beragam tanggapan oleh siswa-siswi ketika mereka sedang bicara tentang Fisika. Kesan mereka itu fisika angker, susah, sulit, dan sukar. Bahkan, ada juga yang pasrah karena beranggapan Fisika itu hanya untuk kalangan jenius, rajin, dan kerasukan matematika saja. Dan ada yang lebih parah lagi, ketika ada siswa jurusan IPA yang bertanya:

Kenapa harus kami harus belajar Fisika?

Kenapa kelapa yang  jatuh harus diperhitungkan?

Mengapa persepsi seperti ini harus muncul?

Nah, hal itu tidak lain karena ilmu yang diajarkan itu tanpa penghayatan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, tidak bisa meresap ke dalam jiwa, justru yang akan muncul yaitu sesuatu yang menyebalkan.

Lalu kenapa Fisika itu diunggulkan? Karena, fisika itu merupakan mata pelajaran yang paling keren. Serta akan terkesan hebat dan punya kata yang tertinggi di kelas IPA. Bahkan ada istilah, yaitu belum sempurna seorang yang mengaku anak IPA jika nilai fisikanya masih di bawah 80. Banyak siswa yang selalu beranggapan jika nilai Fisika yang mendapat skor  90 s/d 100 baru itu anak IPA yang cerdas dan rajin. Dengan begitu kami akan memberikan tips menyukai fisika.

Banyak siswa yang ditanyai akan hal, mengapa tidak menyukai pelajaran fisika dan rata-rata mereka menjawab seperti tidak mengerti apa yang telah di ajarkan, terlalu banyak rumus yang harus di hapal, lalu bingung rumus mana yang harus di pakai saat ada soal, waktu belajar berkurang,  dan guru yang mengajarkannya tidak asyik. Lalu bagaimana solusinya?

Nah, dibawah ini beberapa solusi sebagai tips menyukai fisika yang bisa kamu lakukan.

Jika tidak mengerti tentang materi maka kamu bisa lakukan hal ini

Saat kamu tidak mengerti materi yang di sampaikan oleh guru di depan. Kamu bisa meminta kepada gurumu agar mengulang-ulang materi atau konsep dasarnya itu. Meskipun terdengar kuno tetapi cara ini sangat efektif jika kamu ingin belajar fisika. Keunikan fisika ini terletak pada konsep yang sering di abaikan. Melalui pemahaman konsep ini secara baik dan benar, kamu dapat menjelaskan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pelajaran fisika ini. Yakinkan saat kamu memahami konsep secara baik dan benar, serta kamu paham dengan penurunan dan aplikasi rumus tersebut, maka dengan sendirinya rumus-rumus yang sulit itu akan mudah untuk di ingat.

Jika banyak rumus yang harus dihapal, maka kamu harus lakukan hal ini

Saat kamu susah untuk menghapal rumus yang baru, maka tips menyukai fisika ini yaitu usahakan kamu harus selalu membawa buku saku fisika kemanapun kamu pergi, lalu gunakan ballpoint yang bervariasi warna agar membantu karakter visualmu kamu. Setelah itu buatlah trik untuk mengingat khusus agar kamu bisa mudah untuk menghapal rumus.

Jika guru yang mengajar fisika itu killer atau pelit nilai, kamu wajib lakukan hal ini

Saat guru yang mengajar fisika itu killer, maka kamu harus curhat kepada wali kelasmu agar wali kelasmu menyampaikan keluhan ini pada saat belajar Fisika untuk kemudian diteruskan kepada yang bersangkutan. Buatlah suasana diri yang santai, sehingga kamu itu bisa fokus ke materinya bukan pada tampilan gurunya. Pastikan tugas fisika kamu itu diselesaikan tepat waktu agar menjadi nilai tambahan. Mintalah teman sebayamu untuk berperan sebagai asisten guru yang bisa menjelaskan kembali/meringkas materi yang telah diajarkan.

Demikian tips menyukai fisika yang bisa kamu lakukan agar kamu menyukai fisika dan memahaminya. Semoga artikel ini bermanfaat.