Efek Menguntungkan Dari Video Game Pada Pikiran Visual

Efek Menguntungkan Dari Video Game Pada Pikiran Visual. Beberapa orang tua khawatir tentang video game, dan kekhawatiran mereka tidak beralasan. Beberapa video game bisa sangat mengasyikkan, sehingga anak-anak mengabaikan kegiatan lain, seperti tugas sekolah, pekerjaan rumah, olahraga, dan tidur. Ada juga bukti eksperimental bahwa bermain video game kekerasan memiliki pengaruh langsung dan negatif pada sikap dan perilaku kita. Tetapi apakah efek video game semuanya buruk?


Video Game

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Video Game prososial membuat anak-anak lebih cenderung untuk membantu orang lain di dunia nyata. Penelitian lain menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain video game aksi dapat mengasah keterampilan perhatian visual mereka dan meningkatkan kapasitas mereka untuk memvisualisasikan objek tiga dimensi.Bahkan mungkin saja keterampilan ini dapat membantu anak-anak penderita disleksia membaca.

Video game yang mengasah keterampilan visual spasial. Mungkin Anda ingat ini: Anda memainkan gim video aksi “orang ketiga”, jenis di mana Anda dapat melihat karakter Anda di layar. Anda harus memindahkan karakter Anda ke sekitar, menghindari bahaya, dan menembak jatuh penyerang. Tetapi Anda tidak berpengalaman. Segala macam gangguan visual bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda.

Terkadang Anda kehilangan jejak karakter Anda. Dan ketika Anda melihat karakter Anda, mudah untuk melewatkan ancaman yang masuk.Tapi gamer pemula membaik seiring waktu. Jadi, apa pun yang Anda pikirkan tentang video game aksi, satu hal tampak jelas. Untuk memainkannya dengan baik, Anda perlu mengembangkan keterampilan perhatian visual Anda. Dan ada perbaikan lainnya juga. Para peneliti telah menguji gamer berpengalaman anak-anak dan dewasa muda pada berbagai tugas kognitif.

Bagaimana cara menguntungkan dari video game?

Tetapi studi eksperimental menunjukkan bahwa bermain video game aksi mungkin membantu orang menjadi lebih terampil dalam setidaknya satu tugas visual-spasial. Orang yang tidak berpengalaman dilatih dengan video game telah meningkatkan kemampuan rotasi mental mereka . Selain itu, sebuah eksperimen baru-baru ini menunjukkan bahwa peningkatan terkait permainan disertai dengan perubahan khas dalam pemrosesan otak.

Dalam studi ini, peserta yang menunjukkan peningkatan terbesar dalam keterampilan spasial juga menunjukkan pola peningkatan amplitudo dalam potensi yang berhubungan dengan peristiwa visual mereka, sebuah pola yang dapat mencerminkan aktivitas otak yang lebih intens untuk perhatian visual dan penindasan informasi yang mengganggu. Sekali waktu, keterampilan yang membuat anak-anak pembaca yang baik akan memiliki relevansi yang kecil. Untuk bermain game seru lainnya bisa kunjungi Dominobet Login

Sebelum penemuan buku, kemampuan untuk menghafal informasi mungkin lebih penting daripada kemampuan untuk memecahkan kode tulisan. Suatu hari, para peneliti dapat mengembangkan teknologi yang lebih efisien untuk mentransmisikan informasi teknologi yang akan tergantung pada keterampilan visual spasial pengguna. Ketika itu terjadi, gamer video aksi terbaik mungkin memiliki keuntungan.

Baca juga : http://cahya.student.ittelkom-pwt.ac.id/video-game-eksplorasi-memicu-adrenalin-anda/

Sementara itu, para peneliti sedang mengeksplorasi penggunaan video game sebagai alat untuk melatih keterampilan visual pada pasien dengan disabilitas. Dan tampaknya permainan video aksi dapat membantu anak perempuan  yang cenderung kurang mahir dalam rotasi spasial – meningkatkan kemampuan rotasi spasial mereka.

Jadi mungkin kita berhutang video game aksi sedikit rasa hormat. Bagaimanapun, kami mendorong anak-anak untuk bermain game yang meningkatkan koordinasi dan tujuan tangan mata mereka. Mungkin kita harus memikirkan video game aksi dengan cara yang sama sebagai kegiatan yang berpotensi mempertajam persepsi dan tanggapan anak-anak kita terhadap dunia.